Popular Posts

Rangkaian Penghemat Listrik



Rangkaian Penghemat Listrik adalah suatu rangkaian yang dibuat atau dirancang dengan tujjuan untuk menghemat penggunaan daya pada alat elektronik. Rangkaian ini sering digunakan dalam pembuatan inverator dan stabilizer. Produk – Produk tersebut memiliki rancangan yang akan memanipulasi dan mengatur pemakaian listrik untuk menjalankan perangkat elektronik. Peralatan atau perangkat elektonik tersebut pun bias bermacam – macam seperti TV, Oven Microwafe,Komputer dan masih banyak lagi. Rangkaian yang diaplikasikan dengan metode yang sedemikian rupa ini juga bersifat fleksibel karena dapat pula diterapkan dalam perancangan rangkaian listrik di perumahan.

Gambar Skema Rangkaian Penghemat Listrik

Rangkaian Penghemat Listrik
Rangkain Penghemat Listrik telah berkembang dengan pesan. Alat yang diproduksi dengan memakai rangkaian yang menarik ini pun kian banyak diproduksi secara masal oleh perusahaan – perusahaan elektronik. Selain itu alat ini juga biasa dibuat secara pribadi atau biasa disebut homemade. Prinsip kerja rangkaian ini adalah dengan cara mengantisipasi lonjakan arus yang terjadi saat kita menyalakan atau mengaktifkan penyaluran listrik. Metode yang digunakan untuk mengantisipasi lonjakan terdebut sebenarnya cukup simple yaitu dengan menggunakan kapasitor untuk menyimpan arus sementara. Dengan demikian penyaringan terhadap aliran arus akan terjadi. Hal inilah yang membuat pemakaian daya dapat di hemat. Cara ini sangat bermanfaat teruma untuk menghemat adanya energy yang tebuang dengan sia – sia. Filter atau penyaringan oleh kapasitor bersifat semi atau tida menyaring sepenuhnya arus yang lewat.
Rangkaian Penghemat Listrik akan bekerja secara optimal jika komponen yang digunakan terutama kapasitor dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Kedua hal tersebut dapat dicapai denga menggunakan kapasitor yang memiliki spesifikasi tertentu sesuai besarnya paket atau pasokan listrik yang anda terima. Selain itu kapasitor juga bias di cor dalam pipa berisi semen agar daya panasnya dapa terbuang dengan baik dan benar. Membuat perangkat dengan rangkaian untuk menghemat listrik secara pribadi tentunya akan menciptakan spesifikasi yang sesuai dan kualitas yang bias jadi lebih baik dari pada produk yang dijual dipasaran secara bebas.
Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian penghemat listrik, semoga artikel rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, sepertiRangkaian RC (Resistor-Kapasitor)Rangkaian Star DeltaRangkaian Inverter 1000 Watt danRangkaian Digital.




Share your views...

0 Respones to "Rangkaian Penghemat Listrik"

Post a Comment

 

Categories

About Me

Our Partners

© 2010 ELEKTRONIKA INDUSTRI All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info