Popular Posts

Fungsi Multimeter Analog



Fungsi Multimeter adalah sebagai sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan listrik, dan resistansi atau ketahanan suatu benda yang biasa disebut avometer. Tidak hanya itu saja fungsinya, alat ini juga mampu mengukur induktansi, frekuensi, temperatur dan masih banyak lagi, karena alasan itulah mengapa alat ini disebut sebagai multimeter. Alat ini memiliki berbagai bagian penting yang ada di dalamnya, yang memiliki kegunaan unik masing-masing yang terdapat pada multimeter ini. Dan berbagai elemen yang terkandung pada multimeter ini contohnya seperti saklar rangkuman atau pelemah masukan yang memiliki kegunaan sebagai penyeimbang atau pembatas tegangan masukkan pada titik nilai yang diinginkan.
Fungsi Multimeter Analog
Contoh lain dari elemen-elemen pada multimeter atau avometer ini adalah penguat atau pengatur DC jembatan setimbang atau biasa disebut dengan balanced bridge DC amplifier, alat pencatat, dan yang terakhir adalah rangkaian penyearah dengan kegunaan sebagai pengubah tegangan masukan AC ke tegangan DC yang memiliki tegangan yang sama. Multimeter sendiri memiliki 2 kategori atau jenis, yaitu multimeter analog dan mutimeter digital atau biasa disebut dengan DMM (Digital MultiMeter). Dilihat dari jenisnya, Fungsi Multimeter ini bermacam-macam dan sangat berguna sekali untuk kehidupan kita.

Fungsi multimeter dengan kategori Digital Multimeter adalah sebagai berikut :

  1. Menguji dioda dengan tujuan untuk mendeteksi tingkat kerusakan akibat suatu hal yang tidak kita ketahui
  2. Menguji kondensator
  3. Menguji transformator
  4. Mengukur tegangan DC
  5. Mengukur arus DC
  6. Mengukur tegangan AC
  7. Pengecekan hubungan singkat
  8. Menguji transistor PNP
  9. Menguji kapasitor elektrolit
  10. Pengukur resistansi pada multimeter
  11. Penguji transistor NPN
Dan yang terakhir adalah Fungsi Multimeter Analog, multimeter jenis ini sangat mirip dengan digital multimeter, multimeter jenis ini biasa digunakan oleh kita pada umumnya karena lebih mudah membacanya karena memang multimeter jenis ini termasuk multimeter yang lebih simpel dan mudah. Tetapi bagi anda yang ingin meneliti sesuatu secara mendetail, disarankan menggunakan Digital Multimeter.
Demikian penjelasan singkat mengenai fungsi multimeter analog, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Penghemat ListrikRangkaian RC (Resistor-Kapasitor)Rangkaian Star Delta dan Rangkaian Inverter 1000 Watt.

Sumber : http://komponenelektronika.biz/fungsi-multimeter-analog.html




Share your views...

0 Respones to "Fungsi Multimeter Analog"

Post a Comment

 

Categories

About Me

Our Partners

© 2010 ELEKTRONIKA INDUSTRI All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info